Kamis, 23 Mei 2013

7 . MANUSIA DAN PENDERITAAN


Penderitaan adalah menahan atau menanggung sesuatu yang tidak meng enakan di hati , penderitaan itu bisa datang lahir atau batin mapun lahir batin . setiap manusia pasti tidak akan mau yang mendapatkan penderitaan karena mendapat penderitaan itu seperti kehilangan semangat untuk hidup . penderitaan banyak kita temui di kehidupan sehari-hari terutama dari diri sendiri maupun dari orang lain , penderitaan yang di alami oleh diri sendiri yaitu seperti mengalami sakit hati , dicuri barang sesuatu milik kita oleh orang lain , ditinggal pergi untuk selamanya oleh orang terdekat kita seperti suami atau istri misalnya , anak , orang tua , dan sanak sodara lainnya . setiap manusia pasti mengalami penderitaan karena tidak selamanya hidup itu selalu senang dan roda kehidupan juga akan  berputar tidak selamanya manusia selalu berada di atas kadang juga manusia berada di bawah dan dengan ekonomi yang serba pas-pas an .
Seperti jaman sekarang banyak sekali manusia yang mengalami busung lapar karena ekonomi mereka berada di bawah , itu disebut penderitaan yang terjadi pada manusia karena kelaparan . bagaimana cara kita mencegah agar tidak terjadi hal seperti itu  ? apalagi pada jaman sekarang ini semua barang pun serba mahal dan nilai tukar uang pun semakin kecil bagaimana caranya agar manusia bisa mendapatkan makan lebih mudah agar tidak ada manusia yang mengalami kelaparan .
Orang yang mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh bermacam-macam dan sikap dalam dirinya. Sikap yang timbul dapat berupa sikap positif ataupun sikap negative. Sikap negative misalnya penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, atau ingin bunuh diri. Kelanjutan dari sikap negatif ini dapat timbul sikap anti, mislanya anti kawain atau tidak mau kawin, tidak punya gairah hidup, dan sebagainya. Sikap positif yaitu sikap optimis mengatasi penderitaan, bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan, melainkan perjuangan membebaskan diri dari penderitaan dan penderitaan itu adalah hanya bagian dari kehidupan. Sikap positif biasanya kreatif, tidak mudah menyerah, bahkan mungkin timbul sikap keras atau sikap anti. Misalnya sifat anti kawin paksa, ia berjuang menentang kawin paksa, dan lain-lain .

Penderitaan juga bisa kita liat di khalangan orang lain seperti para pengemis , yang meminta-minta uang di pinggir jalan kepada para penendara sepeda motor maupun mobil . itu dia lakukan karena dia tidak memiliki pekerjaan dan sebagian juga dari mereka yang malas bekerja padahal orang itu masih meiliki badan yang sempurna dan mampu untuk bekerja tanpa harus meminta-minta atau menjadi pengemis . jika nanti manusia meninggal di alam kubur sana manusia akan mengalami penderitaan seperti mendapatkan siksa kubur sesuai amal dan kesalahan yang dia lakukan di masa hidupnya . manusia juga sering merasakan ketakutan seperti traum akan hal tersebut misalnya trauma jika menaiki mobil karena sebelumnya dia petnah mengalami kecelakaan dan itu pun di sebut sebagai penderitaan . penderitaan datang secara tiba-tiba karena itu semua kuasa Allah swt manusia hanya menjalani hidup dan titipan yang maha kuasa , ada manusia yang hidup nya kaya raya dan mendapatkan penderitaan yang sedikit ada pula manusia yang hidupnya miskin atau serba kekurangan yang mendapatkan penderitaan setiap hari . maka dari itu ada banyak macam penderitaan yang terjadi di sekitar kehidupan kita bisa kita lihat dari pengalam diri sendiri maupun oang lain .
Sumber : http://aero-7.blogspot.com/2012/04/manusia-dan-penderitaan.html

nama : darmi kartika
npm   : 11112722
kelas  : 1ka27

Tidak ada komentar:

Posting Komentar