Minggu, 03 Januari 2016

ANTAR MUKA TELEMATIKA

ANTARMUKA TELEMATIKA

Antarmuka atau biasa disebut interface adalah sebuah aplikasi yang menghubungkan manusia dengan mesin, aplikasi program yang dapat di lihat dan dimengerti oleh manusia.
Telematika adalah suatu perkembangan teknologi, yakni mesin yang dibuat mengerti bahasa manusia dan dapat menjalankan perintah seperti layaknya manusia.
Sehingga Antarmuka Telematika dapat diartikan sebagai penghubung antar manusia dan mesin yang diperintah seperti manusia sehingga terdapat komunikasi antar mesin dan manusia.
Terdapat dua jenis antarmuka yakni:
  • CLI (Command Line Interface)
adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.
  • GUI (Graphic User Inerface)
adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
FITUR ANTARMUKA TELEMATIKA
Beberapa fitur yang terdapat pada interface telematika seperti :
1. Aplikasi Berbasis Web (berteknologi internet),
Aplikasi Berbasis Web tidak perlu diinstall di setiap client dan bisa dijalankan pada
sistem operasi apapun (Open System). Server berbasis Linux/ Unix yang relatif lebih aman
dari gangguan virus komputer dan hacker. Dengan berbagai keunggulan dan kelengkapan
yang ditawarkan antara lain :
– Support dan pemeliharaan jarak jauh (Remote Admin)
– Aplikasi yang ringan dan cepat
Dapat di akses dan bertransaksi dari manapun juga menggunakan internet.
  1. Video conference,
Layanan video conference merupakan layanan komunikasi yang melibatkan video dan
audio secara real time. Teknologi yang digunakan untuk layanan video conference komersial
pada awalnya dikembangkan di atas platform ISDN (Integrated Switch Digital Network)
dengan standar H.320. Secara fungsional, elemen pendukung layanan video conference terdiri
dari:
  • Terminal video conference atau endpoint video conference, adalah perangkat yang berada di sisi pengguna video conference.
  • MCU (Multipoint Conference Unit), adalah semacam server yang berfungsi sebagai pengendali konferensi yang melibatkan banyak pengguna dan banyak sesi konferensi.
  • Gateway dan gatekeeper adalah media yang melakukan proses adaptasi komunikasi video conference berbasis ISDN ke IP dan sebaliknya.
Jenis Video Conference Jenis video conference berdasarkan hubungan diantara pemakainya dapat dibagi menjadi tiga bagian :
  1. Real Time Colaboration Multiparty Conferencing, merupakan sarana hubungan
konferensi yang seketika dengan resolusi yang baik dan interaktif.
  1. Active Participation Users, hubungan yang terjadi diantara pemakai dengan jaringan komputer atau basis data, merupakan konferensi yang seketika dengan resolusi yang baik dan interaktif.
  2. Passive Participation Users, keikutsertaan pemakai bersifat pasif dan memerlukan hubungan yang seketika dan interaktif.
TEKNOLOGI ANTARMUKA TELEMATIKA
  1. Head Up Display (HUD) dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, tetapi sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraan dan diterapkan oleh industri otomotif di dunia, dan BMW menjadi pabrikan otomotif pertama yang meluncurkan produk massal dengan teknologi HUD di kaca depannya. Teknologi ini tak hanya memberi kenyamanan bagi pengemudi, melainkan juga keselamatan berkendara.
Contoh Head Up Display (HUD) :
– Automobile
General Motors mulai menggunakan display head-up pada tahun 1988 dengan layar warna, pertama muncul pada tahun 2001 pada Corvette. Pada tahun 2003, BMW menjadi produsen Eropa pertama yang menawarkan HUDs.
  1. Tangible User Interface mempunyai nama awal dari Graspable User interface adalah sebuah antarmuka pengguna di mana orang berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik.
Contoh Tangible User Interface (TUI) :
  • Mesin Penjawab Marmer oleh Durrell Uskup (1992). marmer adalah merupakan suatu pesan yang ditinggalkan di mesin penjawab. Menjatuhkan marmer ke piring pemutar,lalu memutar ulang pesan yang terkait.
  • Sistem Topobo. Blok di Topobo seperti blok LEGO yang bisa diambil bersama-sama, tetapi juga dapat bergerak sendiri menggunakan komponen bermotor. Seseorang dapat mendorong, menarik, dan memutar blok-blok, dan blok-blok bisa menghafal gerakan-gerakan ini dan menggulang kembali gerakan-gerakan tersebut.
  1. Computer Vision berkaitan dengan teori di balik sistem buatan bahwa ekstrak informasi
dari gambar. Data gambar dapat mengambil banyak bentuk, seperti urutan video,
pandangan dari beberapa kamera, atau data multi-dimensi dari scanner medis.
Contoh aplikasi dari computer vision :
  • Psychology, AI – exploring representation and computation in natural vision
  • Medical Image Analysis – measurement and interpretation of many types of images
  • Robotic – navigation and control
  1. Browsing Audio Data merupakan metode browsing jaringan untuk browsing video/audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera.
Contoh Browsing Audio Data:
informasi berupa teks (text/plain, text/html), image (image/gif, image/jpeg, image/png),
video (video/mpeg, video/quicktime), audio (audio/basic, audio/wav) dan application
(application/msword, application/octet-stream).
  1. Speech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition).
Contoh Speech Recognition : Google Speak
  1. Speech Synthesis adalah sebuah kemampuan bicara manusia yang dibuat oleh manusia (artificial). Sebuah sistem komputer digunakan untuk tujuan ini yang disebut sebagai speech synthesizer, Kualitas dari sebuah speech synthesizer dilihat dari kemiripannya dengan suara manusia dan kemampuannya untuk bisa dipahami.
Contoh Speech Synthesis :
sebuah sistem text-to-speech (TTS) yang dapat mengkonversikan teks dengan bahasa biasa menjadi suara.
SUMBER :
wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar